Senin, 29 Juni 2009

SELIDIKI KONEKSI YANG SEDANG AKTIF



Browser, messenger dan e-mail itu program standar yang harus ada di computer zaman sekarang, masing-masing program itu mengakses suatu alamat di internet pada saat yang bersamaan.
Misalkan anda punya lima akun e-mail POP3 yang di integrasikan di Microsoft outlook, maka pada saat yang bersamaan outlook akan melakukan koneksi ke lima server sekaligus, kalau diwaktu yang sama anda juga membuka beberapa situs sambil mengunduh suatu file dari internet, dan chatting juga nggak ketinggalan bias dipastikan belasan atau puluhan koneksi akan terbentuk pada saat bersamaan.
Makin ruwet lagi kalau saat itu jaringan anda temgah terinfeksi worm atau virus. Bisa dipastikan anda tidak bias lagi memantau koneksi apa saja yang sedang berlangsung, semua jadi rancu.
Untuk keperluan semacam ini anda dapat memanfaatkan program network statistics yang berjalan di bawah command prompt, cara pengoperasiannya:
1. jalankan command prompt melalui menu [start]>[all programs]>[accessories]>[command prompt] atau ketik cmd pada menu start.
2. ketikkan netstat pada jendela command prompt yang muncul, sesaat kemudian windows akan menampilkan koneksi yang aktif dalam empat kolom:proto, local address, foreign address, dan state, kolom pertama, proto, menunjukkan jenis protocol yang sedang aktif, apakah itu protocol PTC atau UDP, sementara pada kolom ke dua, local address, akan di tampilkan nama computer yang mencoba melakukan koneksi disertai dengan nomor port-nya di kolom foreign address, ditampilkan alamat tujuan yang sedang diakses oleh local address dan dikolom terakhir,netstat menampilkan bagaimana kondisi koneksinya, apakah telah terbentuk suatu koneksi, masih menunggu atau masih dalam kondisi yang lain, dari sini anda dapat memasukkan interval waktu yang diinginkan setelah perintah netstat. Misalkan anda ingin netstat menampilkan koneksi per satu menit, masukkan perintah netstat 60.
Untuk keluar dari command prompt ketik exit.

Tidak ada komentar: