Senin, 29 Juni 2009

MENGOPTIMALKAN PC BEKAS



Anda ingin komputer lama anda tidak kalah dengan komputer baru, anda bisa merubah PC lama optimal seperti PC baru dan tikalah jauh kinerjanya dengan PC baru, dengan cara yang akan saya beritahu kepada anda, anda bisa menghemat pengeluaran yang digunaka untuk membeli PC baru, kan saying PC yang lama kalau tidak digunakan kembali,

Bagaimana caranya??? Simak beberapa tips yang akan saya berikan berikut :

1. Ganti hard disk

Mengganti hard disk merupakan langkah awal untu mengoptimalkan PC lama anda, gantilah hard disk lama anda dengan kapasitas yang lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi. Pasanglah hard disk baru tersebut sebagai drive primer/master, lalu gunakan untuk mengistall sistim operasi dan aplikasinya, bagaimana dengan hard disk yang lama? Manfaatkan saja sebagai drive sekunder/slave untuk menyimpan data-data yang jarang diakses, oh ya sekadar informasi sebelum memasang drive, setiap motherboard memiliki dua buah port IDE yang masing-masing port-nya dapat menangani dua buah drive. Untuk mendapatkan kinerja yang maksimal, pasang drive dengan kapasitas yang lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi di pot primer dan setel drive tersebut sebagai master sedangkan drive yang kapasitasnya lebih kecil dan kecepatannya lebih rendah silakan di pasang di port sekunder dan di setting sebagai drive slave.

2. Tambah memori

Penambahan memori merupakan cara yang praktis dan murah untuk meningkatakan performa PC, dengan bertambahnya memori, komputer dapat bekerja lebih maksimal karena data yang akan diakses telah tersimpan sebelumnya dalam memori PC, anda dapat menambah memori tanpa membuang memori lama anda jika masih tersedia slot memori yang kosong, tapi harap diperhatikan, jika anda hendak memasang beberapa memori sekaligus, pastikan memori yang dipasang memiliki clock speed yang sama agar PC anda dapat bekerja secara optimal.

3. Rapikan kabel

Dengan merapikan kabel-kabel yang ada dalam chasing PC anda, akan didapatkan sirkulasi udara yang baik, jika perlu tambahkan kipas pendingin agar PC anda tetap segar sekaligus mencegah terjadinya overheating.

4. Pasang card tambahan

Peranti pendukung PC saat ini umumnya menggunakan port USB dan firewire untuk keperluan mentransfer data, USB, flash disk,printer, scanner, keyboard, mouse dan lain sebagainya sudah banyak yang memanfaatkan kedua port ini, jadi tambahkan card USB PCI atau firewire PCI untuk meningkatkan kinerja transfer data ke peranti pendukung yang lain.

Tambahkan juga Ethernet card agar PC anda dapat terhubung ke jaringan, jika dirumah anda sudah ada koneksi internet, anda dapat membuat jaringan internet sederhana dengan PC yang anda miliki untuk sharing printer, dokumen, atau berbagai koneksi internet.

Anda mungkin perlu juga menambahkan drive DVDR/RW.

5. Pakai Linux

Kenapa linux?? Karena jika menggunakan system operasi ini komputer anda dapat bekerja lebih optimal, bagaimana bisa?? Karena linux tidak memerlukan resource yang tinggi untuk dapat beroperasi, jika PC anda termasuk generasi intel Pentium I dan II anda dapat memanfaatkan distro seperti zencafe, linux mint, dan puppy linux.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

helo mas
ada info kontes blog mau ikutan ga baca disini sekalian jadi flowers blog aku yah
thanks